Katalog yang Berbicara: Pengoptimalan Branding UMKM oleh Mahasiswa KKN Undip

Gondang (16/7/2024) – Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau biasa dikenal dengan UMKM merupakan usaha bisnis yang dilakukan oleh individu, kelompok, atau badan usaha kecil. Dengan adanya UMKM dapat membuka peluang kesempatan kerja serta peningkatan pendapatan bagi pelaku usaha. Selain memenuhi kebutuhan masyarakat, ikut membantu dalam menghidupi perekonomian di sekitarnya juga salah satu tujuan dari UMKM.
Di desa Gondang terdapat UMKM yaitu UMKM Rempeyek Paris Ibu Visti yang menjual produk rempeyek dengan berbagai varian. UMKM ini telah dijalankan oleh Ibu Visti selama 24 tahun yang dahulu sudah digagas oleh ibunya. Remepeyek Paris menjadi salah satu oleh-oleh yang paling dicari dari Pemalang dan penjualannya sudah sampai ke luar Pulau Jawa. Akan tetapi, dari segi promosi, Rempeyek Paris Ibu Visti belum memiliki media cetak promosi yang dapat mengenalkan produk kepada calon konsumen.

Oleh sebab itu, mahasiswi KKN Tim 2 Universitas Diponegoro, Tazkia Rufaida, melaksanakan program kerja “Bangun Identitas Bisnis: Katalog sebagai Media Promosi UMKM”. Pelaksanaan program kerja ini dimulai dengan tanya jawab dengan pemilik UMKM Rempeyek Paris yaitu Ibu Visti terkait dengan background berdirinya usaha, varian produk apa saja yang dijual, komposisi produk, proses pembuatan dan harga dari setiap produk. Informasi-informasi tersebut nantinya akan dimasukkan ke dalam katalog. Pada hari selanjutnya, mulai untuk melakukan proses foto produk yang dijual serta melakukan proses editing. Selain itu juga melakukan konsultasi berkala dengan Ibu Visti terkait dengan design produk yang telah dibuat hingga akhirnya katalog dicetak dan diserahkan kepada Ibu Visti.
Dengan adanya katalog produk yang berisi informasi terkait produk, harapannya dapat membantu mengenalkan produk yang akan dijual kepada calon konsumen serta meningkatkan minat untuk membeli produk. Selain itu, katalog yang sudah dicetak dapat disebarkan kepada calon konsumen saat pameran ataupun dapat dibagikan kepada distributor. Bagi konsumen, katalog berfungsi untuk melihat lebih detail terkait informasi produk, membandingkan produk yang satu dengan yang lain, serta menjadi panduan harga.
Penulis: Tazkia Rufaida
Jurusan: Akuntansi
DPL: Patricia Evericho Mountaines S.T., M.Cs.
Desa Gondang, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang